Tips Menggunakan Panci Presto



Halo mom semua, pada punya panci presto di rumah masing-masing kah? Panci presto atau pressure cooker memiliki banyak kegunaan terutama untuk memasak makanan yang tergolong sulit.

Kemampuannya yang bisa mempersingkat waktu memasak bisa menjadi keuntungan dalam memasak makanan yang memerlukan waktu panjang untuk kematangannya.

Karena itu pula, panci presto bisa menjadi pilihan untuk memasak ketupat lebaran yang memerlukan waktu lumayan lama dalam proses matangnya. 

Kelebihan lain dari panci presto ini adalah :
  • proses memasak lebih cepat jadi bisa menghemat bahan bakar. Lebih jauh lagi, bisa menghemat anggaran dapur deh, mom.
  • kalau menggunakan panci biasa, bahan makanan lebih banyak kehilangan kandungan vitamin dan mineralnya, maka ini bisa diminimalkan jika menggunakan panci presto yang menahan semua kandungan vitamin dan mineral tetap didalam bahan makanan yang dimasak.
  • suhu panas didalam panci presto yang lebih tinggi dari panci biasa akan lebih bisa mensterilkan makanan.


Naah ini ada beberapa tips dalam penggunaan panci presto yang saya kumpulkan dari berbagai sumber ya mom *sisanya saya dapatkan dari hasil wejangan orangtua yang rajin memakai panci presto ini hehe*

1. Jangan menggunakan panci presto untuk memasak sayuran atau buah dalam waktu lama karena makanan bisa hancur dan menghasilkan bau tidak sedap.

2. Selalu periksa keamanan alat terutama pengait tutup pancinya, supaya tidak tiba-tiba lepas saat memasak.

3. Setiap panci presto biasanya menyertakan buku panduan, sehingga mom bisa mencari takaran air yang tepat untuk setiap jenis bahan makanan.
Yang harus diingat, semakin sedikit air yang dipakai, proses memasak akan semakin cepat. Tapi untuk tingkat kematangan terbaik, selalu gunakan kadar air sesuai jenis bahan makanan yang dimasak. 

4. Kecilkan api saat panci berbunyi. Panci presto akan menimbulkan bunyi saat tekanan uap didalamnya tinggi. Nah ini saatnya moms mengecilkan apinya. 

5. Jangan langsung membuka tutup panci presto saat makanan sudah masak. Kenapa? Karena uap panas didalam akan membuat panci sulit terbuka sehingga harus ditunggu sampai semua uap panas keluar dengan sempurna.
Caranya? Bisa dengan membiarkan panci dingin sebagai tanda uap panas sudah tidak ada, atau membuka katup pengaman di sisi atas agar uap panas keluar dengan cepat. 
Karena jika dipaksa, resiko kecelakaan yang bisa terjadi adalah terkena semburan uap panas atau tutup panci yang melompat. 

Nah, sekarang sudah siap memasak ketupat untuk lebaran menggunakan panci presto kan moms? 


0 Comments:

Post a Comment