Resep Soto Ayam Dengan Bumbu Instan


Memasuki hari ke 4 Ramadhan ini, sudah berapa menu yang dicoba moms?

Saya sendiri tidak ada pantangan menu untuk berbuka puasa. Asalkan ada tambahan minuman atau snack manis, sudah cukup.

Tetapi untuk sahur, saya selalu menyiapkan menu berkuah. Selain menghangatkan badan juga bisa membantu menghilangkan rasa ngantuk dan malas saat bersantap sahur.
Untuk menghilangkan kadar minyak di tenggorokan, siapkan juga air hangat untuk minuman terakhir menjelang imsyak. 

Untuk kali ini, saya akan share resep praktis membuat soto ayam menggunakan bumbu instan yang banyak dijual di minimarket atau warung dekat rumah.
Kenapa memakai bumbu instan? Praktis dan cepat menjadi alasan utama saya sehingga memasak untuk sahur tidak memakan banyak waktu.

Baiklah, berikut bahan yang harus disiapkan :

- 1/4 kg daging ayam
- 1 sachet bumbu soto ayam instan (saya pakai bumbu uleg merk bamboo) 
- 1 potong serai, digeprek
- 2 lembar daun salam
- 3 siung bawang putih, haluskan
- garam, gula, penyedap rasa secukupnya

Bahan pelengkap :
- Bawang goreng untuk taburan
- 3 buah kentang, potong dadu lalu rebus
- Daun bawang, iris tipis
- Jeruk nipis bila suka
- Telur rebus
- Kerupuk

Cara Memasak :
1. Rebus ayam sampai empuk, tiriskan. Potong suwir-suwir, pisahkan di tempat tersendiri. 
2. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan daun salam dan bumbu instan. 
Lalu tambah air, tunggu sampai mendidih sambil diaduk-aduk. 
3. Setelah mendidih, masukkan suwiran ayam dan kentang sambil koreksi rasa. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa jika kurang. Masak hingga air agak surut. 
4. Sajikan dengan tambahan telur rebus, taburan bawang goreng, sambal dan kerupuk. 
Kucurkan air jeruk nipis bila suka. 

Porsi : 3 - 4 orang


Note :
Untuk ayam, jika suka digoreng, maka rebus ayam dengan kuah soto instan sampai air surut, lalu goreng setengah matang.
Setelah itu baru suwir - suwir ayam untuk dimasukkan kedalam kuah soto yang sudah dibuat terpisah. 

Saya sendiri jika menggunakan ayam goreng, sisa tulang ayam dari suwiran akan saya campur kedalam kuah untuk menambah rasa kaldu sementara daging ayam gorengnya saya sajikan terpisah.

Selamat mencoba ya moms, 




2 comments:

  1. Artikel ini sungguh menarik, untuk para pencinta sepakbola bisa Gabung Disini untuk dapat update serta informasi terbaru mengenai Sepakbola >_<

    ReplyDelete
  2. Bermain Sabung Ayam Dengan Pulsa

    bersama s128agen.club

    ReplyDelete