Amalan Dalam 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadhan



Karena sekarang adalah bulan Ramadhan, pasti kita semua merasa gembira dalam menyambutnya.
Iya, bulan dimana semua pahala dilipatgandakan adalah kesempatan bagi kita memperbanyak amalan-amalan baik dan ibadah sunnah.

Berhubung sebentar lagi sudah memasuki fase 10 hari terakhir dalam bulan Ramadhan yang disebut juga hari-hari berisi berkah pembebasan dari api neraka (itqum Minannar). Maka dianjurkan untuk semakin memperbanyak ibadah dan amalan shaleh. Apalagi kalau kita ingin mendapatkan malam seribu bulan atau malam Lailatul Qodar. 

1. Memperbanyak Sedekah
Sedekah tidak hanya berupa harta tetapi juga non harta seperti membantu orang yang sedang berpuasa, membantu di masjid-masjid yang mempersiapkan buka puasa, dll. 

2. Menghidupkan Malam dengan Qiyamul lail atau sholat malam.
Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa salat malam pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lampau.” (Al Bukhari-Muslim)

3. Tilawah atau Membaca Alquran. 
Al-quran pertama kali turun pada bulan Ramadhan karena inilah salah satu keutamaan bulan Ramadhan. Memperbanyak baca Al-quran dapat melipatgandakan pahala yang didapat. 

5. I'tikaf atau berdiam diri di masjid. 
Berdiam diri bukannya membolehkan kita tidur-tiduran atau bersenda gurau di masjid ya. Isilah dengan bertilawah ataupun memperbanyak bacaan dzikir dan istighfar. 

Lalu sebagai wanita yang pasti memiliki saat dimana tidak bisa berpuasa karena haid atau menstruasi, amalan apa yang masih bisa kita lakukan? 

1. Berdzikir dan membaca istighfar. 
2. Memberi makan yang sedang berpuasa. 
3. Mendengarkan murottal/ lantunan bacaan Al-Quran. 
4. Perbanyak sedekah dan amalan baik. 

Sangat simple kan? Dan bisa dilakukan tanpa harus khawatir amalan kita tidak diterima karena sedang menstruasi atau haid.
Nah dari sekian hal ini ada yang sudah melaksanakannya? Di 10 hari terakhir ini, adalah kesempatan untuk memperbanyak pahala dan meraih malam lailatul qadr yang utamanya di malam dengan bilangan ganjil pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. 

Semoga kita semua mendapatkan maghfirah Nya dan berkesempatan mendapatkan anugerah malam seribu bulan ini ya. 




0 Comments:

Post a Comment