Penyebab Bau Mulut, Apa Saja?



Masih bersambung dengan tema tulisan sebelumnya ya,
Jika sebelumnya saya lebih menekankan pada bahasan tentang menyikat gigi saat puasa secara hukum islam dan keefektifan nya dalam melawan bau mulut,

Sekarang kita bahas yuk apa sih penyebab bau mulut itu?

Bau mulut tidak sedap disebut juga halitosis, saat kondisi normal 80% disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi. Karena itulah sangat penting menjaga kesehatan gigi dan gusi kita.

Tetapi yang membuat bau mulut mudah timbul adalah karena adanya bakteri anaerob yang berada di permukaan lidah dan tenggorokan yang menghasilkan senyawa sulfur yang bau saat bersinggungan dengan protein makanan yang kita konsumsi. 

Semakin banyak bakteri anaerob yang bisa ditekan pertumbuhannya, maka semakin kita bisa meminimalkan bau mulut tidak sedap. 

Jadi selain kesehatan gigi dan gusi, apa saja sih penyebab bau mulut itu? 
Coba cek daftar dibawah ini, siapa tahu salah satunya adalah penyebab kita memiliki bau mulut yang tidak sedap :

1. Konsumsi makanan dan minuman penyebab bau.
Contohnya, makanan/minuman yang tinggi zat sulfur seperti bawang putih dan kopi. Minuman beralkohol dan rokok juga akan memperparah bau mulut. 
Permen yang mengandung gula tinggi bisa memicu bakteri penghasil bau mulut. Karena itu pilih permen yang kadar gulanya rendah.
Makanan berminyak dan lemak tinggi juga bisa membuat bau mulut tidak sedap, apalagi jika masih ada sisa makanannya yang tertinggal di mulut yang akan memicu bakteri pembuat bau mulut. 

2. Diet atau Puasa
Saat diet dan puasa, kemungkinan tubuh akan sedikit mengkonsumsi air. Sementara air merupakan pembilas utama sisa makanan dan merangsang pembentukan air liur yang akan menekan bakteri penyebab bau mulut. 
Jadi bau mulut juga bisa menjadi indikasi tubuh mengalami dehidrasi. 

3. Kadar asam lambung yang tinggi. 
Jika terjadi refluks asam lambung atau kondisi dimana kadar asam lambung tinggi, sampai terasa naik ke mulut dan tenggorokan terasa kering, bisa jadi asam lambung yang tertinggal di mulut inilah penyebab bau mulut tidak sedap.

4. Penyakit lain
Radang tenggorokan, sinusitis dan gejala flu, gangguan pencernaan merupakan beberapa penyakit yang juga bisa menyebabkan bau mulut. 

Setelah mengenali penyebab bau mulut, jangan lupa untuk menghindari penyebabnya. Dan yang terpenting selalu menjaga kesehatan gigi dan gusi ya. Jangan lupa untuk selalu seimbangkan dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak dan kaya serat. 




0 Comments:

Post a Comment