Aplikasi Yang Berguna Selama Ramadhan



Sekarang adalah era digital dimana banyak hal yang dapat mempermudah aktivitas serta pekerjaan yang sehari-hari kita lakukan.
Kemunculan telepon pintar atau smartphone bisa memberikan sisi negatif maupun sisi positif dalam kehidupan tergantung pada tujuan pemakaiannya.

Demikian pula untuk aplikasi yang terdapat didalam telepon pintar, saat ini banyak pengembang yang membuat aplikasi tidak hanya untuk memuaskan keinginan bersenang-senang ataupun membantu pekerjaan sehari-hari, tetapi juga aplikasi yang membantu kegiatan keagamaan berjalan lancar seperti aplikasi adzan, quran digital, forum konsultasi islami, dan lain-lain.

Selama bulan Ramadhan, apa saja aplikasi yang bisa dipakai untuk mendukung kelancaran kita beribadah?

Saya sendiri ingin sharing beberapa aplikasi andalan saya yang saya gunakan tidak hanya dalam keseharian tetapi juga membantu sekali dalam beraktivitas di bulan Ramadhan ini. 


1. Aplikasi My Quran dari the Wali studio
Menurut saya ini adalah versi paling lengkap yang pernah saya pakai dengan penampilan interface yang tidak membingungkan. Mulai dari arah kiblat dan jadwal sholat sesuai dengan lokasi, quran dalam huruf arab, latin berikut terjemahannya, kumpulan doa, arahan tajwid, hapalan surat dan bookmark serta fitur berguna lainnya.

My Quran ini terdapat versi lite dan berbayarnya dengan perbedaan seperti tercantum di website mereka :
http://www.thewalistudio.com/perbedaan-fitur-gratis-dan-berbayar/

Saya sendiri sudah menggunakan versi berbayarnya yang bebas tanpa iklan dan tidak memberikan batasan dalam pewarnaan tajwid (membantu sekali dalam membaca Al-quran dengan benar) dan jumlah hafalan yang saya simpan.

Untuk memiliki versi berbayar ini bisa melalui website nya ataupun dengan membeli salah satu produk kaos dengan desain islami nya.

Saya menggunakan my quran ini untuk :
  • mendapatkan jadwal sholat, imsya', dan berbuka setiap hari
  • membaca al-quran saat diluar rumah dengan praktis dan menyimpan halaman terakhir yang saya baca.
  • menyimpan surat atau ayat penting yang sedang saya jadwalkan untuk dihafalkan di fitur hafalan.
  • fitur my doa yang menarik karena kita bisa mengirimkan doa untuk di amin kan oara pengguna aplikasi my quran lainnya yang membaca doa kita.
  • kita bisa membaca dan mendengarkan nasihat kaum ulama di konten islami. Cocok untuk ngabuburit maupun saat menunggu subuh.
  • mau sedekah selama bulan puasa, bisa dilakukan di dalam fitur my sedekah yang terdapat banyak data siapa saja yang memerlukan bantuan sedekah kita.
  • disertakan juga kalender hijriyah lengkap dengan tanggal hari besar Islam didalamnya.


2. Cookpad.
Aplikasi ini saya pakai untuk mencari resep praktis untuk sajian berbuka maupun sahur. Lumayan bisa membuat saya berkreasi dalam membuat sajian yang praktis tanpa harus ribet.

aplikasi ini bisa didownload disini :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mufumbo.android.recipe.search&hl=en


3. Tanya ustadz dari Yufid. Inc
Saya menggunakan aplikasi ini untuk mencari artikel tentang Islam dan hukum syariat sehari-hari. Kumpulan pertanyaan yang dibahas serta kuta pun bisa mengajukan pertanyaan jika hasil pencarian terhadap hal yang kita ingin tahu, tidak bisa kita temukan.

Intip alikasinya disini ya :
https://play.google.com/store/apps/details?id=org.yufid.tanyaustadz


Selama Ramadhan, ketiga aplikasi inilah yang sering saya gunakan. Selain bermanfaat juga bisa menambah wawasan dan ilmu.

Semoga sharing ini bisa bermanfaat ya dan jangan lupa untuk tetap semangat selama berpuasa. Karena puada bukan halangan untuk melakukan aktivitas harian seperti diluar bulan Ramadhan.

0 Comments:

Post a Comment