BAJU LEBARAN : Wajib Ada ?



Baju baru Alhamdulillah..
Tuk dipakai di hari raya..
Tak punya pun tak apa-apa..
Masih ada baju yang lama..

Lirik lagu ini selalu menjadi tren saat menjelang Lebaran, mengalahkan lagu bertemakan Lebaran lainnya. Entah sebagai kode bagi pasangan ataupun orangtua untuk segera berbelanja baju baru, ataupun sekedar untuk satire terhadap kebiasaan berbelanja baju baru untuk berlebaran. Lantas kenapa sih lagu yang tren di tahun 90-an ini begitu membekas dan merasuk sukma sehingga selalu terngiang-ngiang di kepala? *maafkan bahasa alay saya ya* 



Apa karena tradisi masyarakat Indonesia yang di setiap Lebaran atau Hari Idul Fitri, kita harus selalu tampil "beda" dengan memakai baju baru? Baju yang tidak pernah terlihat sebelumnya, atau malah berseragam seluruh keluarga besar dan setiap tahunnya berbeda seragam.

Pernah terpikirkah, kenapa setiap Lebaran kita selalu ingin tampil dengan baju baru? Ternyata ada sejarahnya loh kenapa ada tradisi ber-Lebaran dengan baju baru. Dari beberapa sumber artikel, dikatakan bahwa hal ini tertulis di dalam buku Sejarah Nasional Indonesia karya Maryawati Djoened Poesponegogo dan Nugroho Notosusanto. Tradisi memakai baju baru saat Lebaran sudah dimulai sejak tahun Kesultanan Banten.

Bedanya jika saat ini masyarakat lebih banyak membeli daripada membuat sendiri baju Lebarannya, maka saat itu masyarakat menjahit sendiri baju barunya. Dan hanya keluarga Kerajaan lah yang mendapat baju bagus sesuai dengan status sosialnya.
Baju baru dijadikan sebagai simbol perayaan "kemenangan" setelah menjalani 1 bulan penuh berpuasa. Dan juga supaya perayaan Lebaran menjadi lebih meriah di masa itu.

Saat ini, tradisi memakai baju lebaran sudah banyak yang sekedar menjadi tradisi saja.
Jika ditanya kenapa harus baju baru, pasti banyak diantara masyarakat yang sekedar menjawab, "Ya karena Lebaran sih ya, setahun sekali ini".
Hayo, ngaku disini siapa saja yang tahu bahwa ternyata baju baru saat Lebaran memiliki makna lebih dari sekedar tampil "beda"?

Anggaran tidak cukup untuk beli baju baru

Tapi, jika kondisi keuangan pas-pasan untuk membeli baju baru yang benar-benar berbeda untuk dipakai saat Lebaran, kalian bisa mencoba tips berikut ini loh :

1. Keuangan menipis, manfaatkan diskon berlimpah.

Sering-sering berburu diskon dan hitung nilai diskon yang masuk di budget belanja Hari Raya kita. Karena bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mencari baju murah akibat diskon dari berbagai online dan offline store.
Tapi jangan pula terjebak nilai diskon yang tinggi ya, membuat perbandingan harga sebelum dan sesudah diskon serta membandingkan penawaran dari berbagai toko dan departement store bisa dilakukan supaya anggaran belanja tetap terkontrol.

2. Baju Lama disulap menjadi baju baru.
Tips berikut sudah sering saya lakukan. Supaya baju Lebaran saya terlihat "banyak", maka gamis lama saya padukan dengan vest atau outer baru. Bahkan beberapa baju saya tambahkan dengan aksen renda/bunga atau aksesoris lainnya agar tampil berbeda.
Cari inspirasi dari DIY (Do It Yourself) Videos di internet untuk mendapatkan padu padan baju lama dengan aksesoris unik demi tampilan yang berbeda.

Saya sendiri merasakan hasrat membeli baju baru semakin lama semakin berkurang jika dibandingkan dengan saat masa kecil dahulu. Dimana saya akan selalu menantikan saat Lebaran karena akan mendapat "kejutan" baju baru dari orangtua.

Mungkin karena semakin kesini, semakin banyak kewajiban lain yang membuat baju baru tidak menjadi suatu keharusan lagi. THR untuk keponakan, membelikan baju baru untuk anak, malas antri berdesakan di pusat perbelanjaan serta kreatifitas untuk padu padan baju lama adalah beberapa alasannya.
Tapi yang paling terlihat adalah, karena pergeseran budget dari yang tadinya untuk membeli baju baru ke banyaknya ajakan berbuka puasa.
Nah lo, beda life style lah kalau begini ya.














1 comment:

  1. "Anda Merasa kurang hoki bermain judi di situs lain ? atau Ingin mendapatkan income tanpa bekerja ?"

    KAMI HADIR UNTUK ANDA , MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI DI DOMINO206

    PRESENTASI KEMENANGAN 80% ( MENANG ATAU KALAH TETAP DAPAT BONUS )

    100 % PLAYER vs PLAYER !!

    Hanya dengan 1 USER ID anda bisa main 9 GAMES :

    * Bandar Poker | Poker Online | Capsa Susun | DominoQQ | BandarQ | AduQ | SAKONG ONLINE |Bandar66|Perang Baccarat |

    * Pendaftaran FREE ==> * Minimal Deposit HANYA Rp.20.000,

    * Minimal Withdraw HANYA Rp.20.000,

    * Bonus Turn Over 0,2% SETIAP 5 HARI DIBAGIKAN * Bonus Referral 15% Seumur Hidup * MEGA JACKPOT RATUSAN JUTA RUPIAH * Customer Service siap melayani anda 24 jam

    Untuk informasi lebih lengkap silahkan Hubungi Customer Service kami :

    LINE : DOMINO206

    WA: +85515982089

    ReplyDelete