Nasi Goreng - Makanan Praktis asli Indonesia



Sejak adanya benda yang bernama rice cooker diteruskan dengan generasi terbaru magic com, memasak nasi jadi sangat mudah. Hampir di setiap rumah tangga terdapat benda ini. Termasuk di rumah kami.

Tetapi masalah umum yang biasa muncul dalam penggunaan rice cooker atau magic com ini adalah, nasi yang cepat mengering atau menguning jika disimpan lebih dari satu hari. Jadi untuk menyiasatinya, saya selalu memasak sesuai takaran keluarga. Ini bisa meminimalkan nasi sisa yang harus menunggu sesi makan berikutnya sementara nasi dalam magic com tidak akan bagus jika mengendap lebih dari sehari.

Nah, jika terlanjur ada nasi sisa yang banyak, saya suka mengolahnya menjadi nasi goreng.

Mulai dari memakai bumbu yang nguleg sendiri, sampai menggunakan berbagai macam bumbu jadi atau bumbu instan yang bisa dibeli di warung dan minimarket terdekat.

Untuk olahan nasi goreng sendiri, supaya tidak bosan, saya suka mengkreasikan dengan bahan yang berbeda - beda. 

Nah saya akan berbagi beberapa tips dalam olahan nasi goreng ya, siapa tahu ada tips yang moms semua bisa lakukan juga di rumah :


  1. Pastikan nasi yang dipakai untuk nasi goreng adalah nasi yang kasar, bukan lembut, lembek atau yang kebanyakan air. Karena akan membuat bumbu tidak rata dan nasi mengumpul (terkepal - kepal) saat digoreng.
  2. Untuk bumbu dasar (bumbu uleg) nasi goreng, saya selalu memakai bawang putih, bawang merah, garam dan penyedap rasa. Selebihnya, bumbu dan bahan lainnya bisa dikreasikan sendiri.
  3. Baik menggunakan bumbu uleg maupun bumbu instan, saya selalu memakai margarin untuk menumis bumbu ataupun nasinya. Margarin bisa membuat aroma yang menggugah selera. Jika suka citarasa manis, gunakan kecap manis dipadukan dengan saus sambal sebagai tambahan bumbu. Atau bisa jika menggunakan saus tiram jika ingin citarasa oriental.
  4. Saya suka menambahkan mie jika ingin olahan nasi goreng yang berbeda. Kalau di daerah Jawa Timur, nasi goreng yang diolah dengan mie disebut juga nasi mawut. Bumbunya lebih cenderung berwarna merah karena porsi saus tomat/ saus sambalnya lebih banyak dibandingkan pemakaian kecap.
  5. Jika menggunakan bumbu instan, saya lebih memilih memakai bumbu yang berupa bubuk daripada bumbu basah. Selain praktis, bumbu bubuk lebih rata bercampur dengan nasi dibandingkan bumbu basah yang membuat nasi goreng kelihatan lebih berminyak. 
  6. Untuk anak - anak, saya suka menggunakan bumbu "putihan" dengan hanya menggunakan bumbu dasar tanpa tambahan saus maupun kecap. Aroma margarinnya lebih terasa, dan kalau suka bisa tambahkan sedikit taburan keju sebagai topping nya. Aneh? Tidak juga. Keju akan menambah rasa gurih dari nasi goreng nya.


Lantas kapan waktu yang tepat untuk menyantap nasi goreng? Ada yang bilang jangan makan nasi goreng di jam sarapan karena bisa menyebabkan kantuk dan lemas yang mengganggu produktivitas harian. 
Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang tinggi dari nasi goreng menyebabkan metabolisme tubuh menjadi berat, inilah yang menyebabkan rasa kantuk dan lemas. 








2 comments:

  1. Nah iya mbak, di daerah sini alias jawa timur, nasi mawut hits banget, nasi sama mie duo karbohidrat dalam 1 hidangan, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe dobel kenyang jadinya mba, dan bisa untuk siasatin nasi yang cuma dikit klo dibikin nasgor tapi dibuang sayang :) :) :)

      Delete