Kegiatan Menyenangkan Selama Ramadhan


 

Berpuasa sebulan penuh saat Ramadhan bukan berarti kita terbatas dalam beraktifitas. Bahkan segala aktifitas rutin kita sebelumnya jadi bertambah.
Yang tadinya tiap malam keluyuran, jadi setiap malam rajin jamaah isya dilanjutkan sholat sunnah terawih.
Yang tadinya bangun mepet2 waktu subuh hampir habis, di bulan Ramadhan jadi rajin sholat tahajud sebelum menyiapkan makanan sahur.

Tapi ada juga kok yang merasa badan masih susah beradaptasi selama berpuasa. Yang paling sering saya dengar adalah pertanyaan seperti
"Duh gimana ya supaya puasanya gak berasa berat?"
"Gimana biar badan gak lemes saat puasa?"

Sebenarnya wajar saja ketika merasa berat menjalankan puasa di minggu awal bulan Ramadhan. Karena badan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Jika sudah terbiasa dan disertai dengan aktifitas yang tepat, badan akan cepat beradaptasi dan rasa lemas pun akan berkurang.

Untuk membuat hari-hari selama bulan Ramadhan lebih bermanfaat, selain melakukan amalan-amalan seperti yang saya tuliskan di postingan sebelumnya di sini, ada beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan juga loh. Sebagai selingan aktifitas ini juga bisa menumbuhkan rasa bahagia.


1. Membuat takjil dan membagikan takjil gratis.

Kegiatan berbagi takjil bisa membuat bahagia loh. Bertemu orang baru saat membagikan takjil di jalan umum bisa membuat kita berinteraksi dengan mereka dan secara tidak langsung melepaskan hormon bahagia dalam tubuh.

http://jakarta.tribunnews.com/2019/05/07/hari-kedua-ramadan-koramil-02-sawah-besar-bagi-bagi-takjil-kepada-pengendara

2. Pergi ke Bazar Ramadhan
Selama bulan Ramadhan, banyak bazar takjil makanan minuman dan buku keagamaan yang diadakan di sekitar masjid besar. Tidak ada salahnya berkunjung ke bazar ini untuk sekedar cuci mata. Selain mendapat makanan dan minuman dengan harga murah, kita juga bisa menambah ilmu dengan membeli buku-buku keagamaan disitu.



3. Olahraga.

Olahraga terbukti membuat rasa bahagia lebih banyak keluar karena peredaran darah lancar dan pelepasan hormon yang seimbang membuat badan lebih segar.
Jika diluar bulan Ramadhan selalu ada alasan untuk melewati saat berolahraga, maka bulan Ramadhan adalah waktu yang pas untuk rutin berolahraga.
Loh, kok bisa? Bukannya malah susah ya, karena puasa seharian dan di malam hari harus tarawih dan tadarus?





Ambil waktu olahraga setelah sholat subuh ataupun setelah melakukan sholat sunnah tarawih. Di pagi hari, badan masih segar dan kuat sehingga rasa lapar dan haus tidak terasa. Di malam hari, perut sudah terisi sehingga saat berolahraga pun lebih menyenangkan.
Pilih gerakan yang bukan termasuk high impact. Jalan cepat, senam kaki dan tangan  merupakan pilihan yang tepat untuk pemula.
Tutorial olahraga Walk at Home oleh Leslie Sansone ini bisa menjadi alternatif olahraga ringan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan.

4.  Mengikuti acara buka bersama

Seperti dalam tulisan saya sebelumnya yang bisa dibaca disini, Undangan buka bersama oleh komunitas atau teman bisa berfungsi sebagai ajang silaturahmi dan update berita bermanfaat. Silaturahmi didapat, nambah wawasan pun dapat. Ditambah lagi dengan pahala sholat maghrib berjamaah yang dilakukan dalam acara berbuka bersama itu.

5. Menghasilkan Karya
Selama bulan penuh berkah ini, jadikan sebagai waktu yang tepat untuk mulai menghasilkan karya sebagai selingan kegiatan sehari-hari.
Misalnya saja dengan mengikuti kompetisi menulis dari BPN (Tantangan Ramadhan: 30 Hari Menulis Blog) seperti yang saya lakukan saat ini.
Atau membuat ringkasan resep makanan dan minuman selama bulan Ramadhan yang bisa dijadikan buku online (e-book) maupun untuk mengisi sosial media kita.
Hal lainnya adalah membuat kumpulan foto cantik, baik saat ngabuburit ataupun saat menjelang matahari terbit. Foto-foto ini selain bisa menghiasi laman sosial media kita, juga bisa diikutserakan ke kontes foto lokal.

Jadi, tidak sulit kan membuat selingan kegiatan menyenangkan sekaligus bermanfaat selama bulan Ramadhan?



1 comment:

  1. bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya
    jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

    ReplyDelete