Jajanan Tradisional Khas Lebaran



Bicara mengenai jajanan yang wajib ada saat Lebaran, saya jadi teringat makanan khas yang hanya ada saat Lebaran di desa nenek saya.

Yang pertama, jenang atau dodol yang dibuat dari wajan besi berukuran besar dan menggunakan tungku tanah atau "luweng". Saking besarnya, pengaduk jenang ini berupa tongkat kayu berdiameter lumayan besar dan proses pembuatannya pun memakan waktu hampir seharian.

http://jateng.tribunnews.com/2019/05/29/jelang-lebaran-nafsiah-bisa-produksi-jenang-jaket-10-kuali-besar

Yang kedua adalah tape ketan dan uli atau dalam bahasa desa saya "jadah". Sampai sekarang tradisi tape ini masih dilestarikan bahkan oleh nenek yang sudah berusia sangat sepuh.
Sampai-sampai nenek pernah jatuh sakit karena kaget saat hari Lebaran diputuskan mendadak oleh pengumuman pemerintah beberapa tahun lalu. Nenek berujar kalau belum membuat tape dan jadah untuk lebaran serta belum menyiapkan nasi kuning (buatan sendiri) untuk selamatan setelah Sholat Idul Fitri.

Saya ingat setiap menjelang Lebaran, di rumah nenek pasti ramai orang berkumpul untuk membuat jenang, tape dan jadah/uli untuk kemudian dibagikan ke masing-masing pembuatnya.


Tape Ketan bungkus daun pisang

Berikutnya adalah olahan dari tape yang sudah terlalu matang, disebutnya "madumongso". Berbentuk seperti jenang berwarna gelap dengan rasa manis dan agak sedikit asam tape, madumongso ini dibungkus dengan kertas minyak warna warni yang dibentuk seperti bungkus permen. Menarik bagi anak-anak yang melhatnya dan lebih sehat daripada kudapan permen.

Jenang, tape dan uli serta madumongso ini lah yang membuat saya selalu kangen dengan nenek dan suasana desanya.
Meski sekarang yang tersisa hanya tradisi membuat tape dan uli. Ini karena kaum tuanya sudah semakin berumur dan tidak kuat membuat jenang sementara kaum mudanya sudah banyak yang tidak berminat membuat sendiri jajanan lawas ini.

Madumongso


Terakhir, teman ketupat yaitu lepet. Jajanan yang terbuat dari ketan dicampur dengan kacang yang dibungkus dengan janur melilit memanjang ini memang terkadang masih bisa ditemui di luar bulan Syawal, tetapi di hari Lebaran, lepet juga menjadi favorit hidangan untuk teman ketupat.

Lepet ketan kacang tanah

Kembali ke kota, jajanan yang ada untuk pengisi toples Lebaran tidak jauh-jauh dari nastar, putri salju dan kue coklat. Membuat saya selalu kangen dengan suasana Lebaran di desa dengan segala jajanan khas nya.

Kalau kalian, apa jajanan khas selama Lebaran yang bikin kangen mudik ?




0 Comments:

Post a Comment