Membuat Website Itu Mudah


Masak sih? Kalo membuat website itu mudah, ngapain juga ada jasa pembuatan website? Bukannya harus tahu bahasa pemrograman? Seperti coding lah, basic IT lah, atau bahasa-bahasa keren lainnya yang kadang bikin otak keriting kalau mendengarnya.

Iya, kalau membuat website dengan segenap fitur njlimet-nya ya memang harus diserahkan kepada ahlinya, sang web developer. Atau mau bikin website khusus online shop? Lebih baik cari platform olshop builder berbayar. Karena fitur yang diperlukan lebih kompleks lagi.

Tetapi kalau kita mau membuat website sederhana, banyak kok platform yang bisa kita pakai. Platform gratis ini bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan usaha kita, tanpa perlu mengeluarkan uang ekstra untuk menggunakan jasa pembuat website.

Saya sendiri awalnya menggunakan jasa pembuat website untuk membuat web usaha dan kemudian menyesalinya. Karena  umumnya pembuatan web tidak melalui proses edukasi terhadap klien. Sehingga setelah website jadi, klien hanya tahu bagaimana cara posting tulisan (jika web nya memiliki fitur blog/artikel). Selain itu, klien akan kebingungan jika terjadi masalah dengan website nya. Misal, salah satu gambar hilang/ tidak bisa diakses atau ada broken link atau hal lainnya. 

Yah, sayangnya itulah yang terjadi pada saya. Berangkat dari kebingungan ini, saya pun bertekad belajar mengutak atik website secara otodidak. Hasilnya? Ada beberapa website yang berhasil saya buat dari beberapa platform yang saya rekomendasikan di bawah ini :


Tentu saja, platform paling gampang menurut saya adalah blogspot. Lebih ramah untuk yang gak paham panel njlimet ataupun bahasa pemrograman dalam body website. Mau edit-edit, tinggal copy paste saja di html setting theme nya.
Mau pakai tema yang berbeda, tinggal cari di mesin pencarian. Banyak tersedia berbagai tema cantik nan gratis untuk blogspot di internet.
Selain untuk ngeblog, banyak kok yang membuat portfolio usaha maupun CV (riwayat hidup) online dari platform ini.

Contohnya bisa cek website lainnya dengan penampilan berbeda yang saya buat disini : 


Ingin kustomisasi settingan layout maupun tema? Tinggal manfaatkan mesin pencarian untuk mencari kode html yang kita inginkan.
Mau coba membuat website dengan blogspot? Silahkan buka website blogger.com ya.


 
Platform ini mulai saya pelajari ketika saya merasa kecewa dengan website usaha hasil bikinan penyedia jasa pembuatan website yang saya sewa.
Memang sih, saya membuat website menggunakan WordPress.com yaitu versi gratisannya. Sementara untuk versi berbayarnya, bisa membuka website WordPress.org dengan fitur lebih banyak dan tidak terbatas.

Perbedaan antara .com dengan .org selain terletak pada kelengkapan panel dan fitur-fiturnya adalah pada versi gratis kita mendapat tambahan nama WordPress dibelakang nama website kita. Mirip seperti blogspot lah ya.
Selain itu, untuk WordPress.org kita harus menyiapkan hosting dan domain pribadi untuk membuat website.
Meski panelnya agak lebih njlimet dari blogspot (menurut saya sih), tetapi tema gratis yang tersedia jauh lebih banyak dan lebih menarik dari platform pertama yang saya rekomendasikan. 

Saya sendiri sudah mencoba membuat versi gratis dan versi berbayar dari WordPress ini. Contohnya bisa dilihat disini :
Versi gratis (menggunakan tema paralax)


Dan ini yang versi berbayar :



Bagi yang mau mencoba membuat website dari WordPress silahkan klik dibawah ini :
Versi gratis - - > wordpress.com
Versi berbayar - - > wordpress.org

3. Wixsite

Platform ini saya coba setelah hampir menyerah mengutak atik versi wordpress sebelumnya. Setelah browsing platform apa saja yang ramah untuk pemula seperti saya, pilihan akhirnya jatuh ke wixsite.
Dan memang benar, untuk pemula wixsite ini sangat mudah. Tinggal drag and drop saja. Tema yang disediakan beragam dan cantik-cantik. Untuk kostumisasi tema, tinggal klik saja di panel dan seret untuk menambahkan bagian baru atau hapus bagian yang tidak diinginkan.
Semudah itu.
Contohnya bisa dicek disini :


Kekurangannya menurut saya sih, nama untuk mode gratisnya terlalu panjang sehingga agak susah ngapalinnya. Selain itu jika ingin mengubah ke versi berbayar (hosting dan domain kita), harus menggunakan paket yang disediakan oleh wixsite. Dan harga paketnya lumayan lebih mahal dibandingkan harga hosting yang bisa kita beli di situs penyedia hosting lokal.
Selebihnya, silahkan menikmati desain dan fitur keren dari web hasil karya wixsite.
Mau belajar membuat website dengan wixsite? Yuk buka website nya segera di https://www.wix.com/freesitebuilder/

Jadi platform manapun yang kalian pilih, website penting bagi bisnis kita untuk membangun channel marketing secara online.

Baik itu gratis atau berbayar, website bisa menjadi "rumah" bagi usaha kita. Tinggal dikombinasikan dengan SEO dan promosi yang tepat untuk membuat usaha kita semakin dikenal secara online.
Tidak sulit kan mempunyai website sendiri? Selamat membuat website ya!

1 comment: