4 Faktor Penting Dalam Usaha

Memulai sebuah usaha atau bisnis tanpa ilmu, rasanya bakal seperti nekat berperang tanpa bekal senjata.
Kemungkinan untuk menang ada, tetapi pasti dengan presentasi sangat kecil, nyaris mengandalkan keberuntungan atau "nasib" saja.

Lantas bekal apa saja sih yang penting untuk memulai usaha?
rencana yang diperlukan untuk memulai usaha


Setelah sekian lama memulai usaha sendiri, maka bisa saya simpulkan jika sebelum memulai usaha, yang terpenting adalah :


1. NIAT atau MOTIVASI

Pastinya, tanpa niat dan motivasi yang kuat, kita tidak mungkin akan tahu usaha apa yang akan kita mulai, dan seperti apa bakal usaha kita itu nantinya.
Maka, tuliskan dari sekarang niat atau motivasi apa yang mendasari kita membuat suatu usaha. Hal ini akan menjadikan kita tetap fokus untuk membuat usaha kita berkembang bahkan saat melewati masa-masa sulit. 

Niat atau motivasi ini bisa berupa keluarga, faktor ekonomi, aspirasi pribadi atau lainnya.

2. PRODUK atau JASA ?

Setelah mempunyai motivasi kuat, sekarang tentukan jenis usaha apa yang akan kita mulai. Mau jualan produk atau jasa?
Kita bisa mulai dari hobi, atau kesukaan atau hal yang sudah sering kita lakukan di pekerjaan kita.

Contohnya saja : si Andre membuka toko yang melayani jual beli hp bekas dan aksesorisnya karena sejak kuliah dia gemar melakukan jual beli hp bekas sehingga dia tahu mengenai seluk beluk harga dan kondisi hp bekas yang bisa diperjualbelikan. 

Contoh lainnya, Nana membuka usaha jasa pembuatan baju big size dengan karena pengalamannya yang susah untuk mencari baju seukuran dirinya sehingga Nana selalu harus menjahitkan bajunya dengan berganti-ganti penjahit yang cocok. 

Sementara Aldi mulai menjual produk buku cerita anak edukatif karena latar belakangnya sebagai guru playgroup dan keprihatinannya akan kurangnya buku cerita anak edukatif yang bernuansa Indonesia. 

Semua pengalaman, latar belakang pekerjaan, hobi atau kesukaan kita bisa dijadikan sebagai langkah awal menentukan usaha atau bisnis apa yang akan kita mulai.
Nah sekarang, coba tuliskan apa saja hobi kesukaan dan pengalaman kita dalam secarik kertas. Setelah itu mulailah merenungkan, yang mana yang akan kita jadikan patokan dalam memulai usaha.

3. ILMU PENGETAHUAN

Faktor ketiga yang wajib kita punyai adalah pengetahuan akan produk atau jasa yang kita jadikan usaha/bisnis.
Kenapa? Tanpa pengetahuan yang cukup, setiap menemui kendala dalam usaha, kita pasti akan gampang menyerah. Dan alhasil usaha yang kita mulai tidak akan punya kesempatan untuk berkembang. 

Pengetahuan disini meliputi :
- apa dan bagaimana produk/ jasa dari usaha kita,
- siapa yang menggunakan produk/ jasa kita,
- apa saja yang diperlukan untuk membuat produk/ jasa dari usaha kita.

Dari ketiga hal itu, kita mulai bisa menyusun "konsep usaha". Dan pertanyaan yang timbul saat menyusun daftar dari ketiga hal itu, adalah poin yang harus kita cari solusinya.
Jadi persiapkan pengetahuan mengenai jenis usaha yang akan kita pilih. Jika kita bukan seorang ahli dalam jenis usaha kita, maka cari lah seorang ahli untuk bekerjasama dengan sistem partnership atau menimba ilmu darinya. 

4. MODAL USAHA

Berikutnya adalah faktor modal yang tidak melulu mengenai keuangan.
Modal usaha bisa berupa skill atau keahlian maupun kreatifitas.
Persiapkan usaha sesuai dengan kapasitas modal yang kita miliki jika modal keuangan kita terbatas.
Atau sebaliknya jika kita ingin modal menyesuaikan dengan jenis usaha maka persiapkan cara mengumpulkan modal sejumlah yang diperlukan.

Jadi sudah siap memulai usaha sendiri? Jangan lupa "ke-empat perlengkapan perang nya" seperti yang tulisan diatas ya. 




1 comment: