Tools yang Memudahkan Dalam Nge-Blog



Wah sudah 2 minggu sejak ikutan 30 days challenge nya Blogger Perempuan Network dan disibukkan oleh kesibukan yang tak kasat mata. Jadilah baru sekarang bisa nengokin blog ini lagi.
Berhubung masih jetlag karena euforia Lebaran dan sekarang pun dikelilingi suasana liburan, kayaknya paling pas sharing tentang hal-hal yang ringan saja deh ya.

Baiklah, kali ini saya mau sharing tentang tools yang saya pakai untuk nge-blog. Tools ringan dan lumayan membantu untuk bisa nulis dimanapun, kapanpun.
Semoga bermanfaat untuk yang baru mau ngeblog. 

Yuuk, mulai.. 

1. Laptop atau PC Desktop. 
Ini sih barang wajib ya yang harus dimiliki setiap blogger. Kalaupun tidak milik pribadi, menggunakan jasa warnet juga bisa sih, tapi masak iya mau berlama-lama ngendon di warnet buat ngeblog. Kalau masih single mungkin gak masalah, tapi untuk emak-emak seperti saya, bisa-bisa bakal disomasi suami dan anak deh.
Sebisanya, miliki komputer sendiri di rumah meski spesifikasi nya tidak tinggi, asalkan bisa untuk install software office dan kenceng buat surfing internet, itu sudah cukup kok. 

2. Smartphone dengan spesifikasi minimal. 
Kalau ini sih preferensi pribadi saya. Untuk yang mobilitas tinggi dan kadang tidak sempat membuka laptop karena ngerasa bentuknya kegedean dalam ruang dan waktu, smartphone bisa berguna sekali.

Saya sarankan pilih smartphone dengan spesifikasi minimal 4/64 atau RAM 4 GB dan ROM 64 GB, supaya tidak gampang hang untuk menyimpan gambar yang iseng didownload atau dijepret buat ngeblog, atau meng-install aplikasi yang akan saya jelaskan dibawah.

3. Aplikasi blogger atau wordpress di HP. 
Buat blogger yang menggunakan blogspot ataupun wordpress, kalian bisa install aplikasi blogger atau wordpress di smartphone kalian, memang tidak selengkap versi web based, tapi setidaknya bisa update postingan dengan add new post ataupun ngedit postingan kita.

Sambil iseng nunggu antrian di dokter atau kantor pemerintahan, daripada ngantuk di atas kapal ferry penyeberangan antar pulau, bisa kan manfaatkan waktu untuk menulis ide yang tiba-tiba datang.

Buat mbak-mbak cantik yang masih single, ini juga cara ampuh untuk menghindari "diajak ngobrol paksa" oleh mas-mas yang duduk di sebelah. 

4. Aplikasi Note bawaan dari smartphone. 
Aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk menulis draft dari blog kita. Tidak perlu instalasi tambahan, tidak perlu terhubung ke internet. Murah, praktis. 

5. Google keep. 
Saya menggunakan aplikasi ini jika ingin posting tulisan yang saya tulis di smartphone melalui laptop.
Tinggal copy paste saja tulisan di note ke dalam keep, lalu di laptop saya buka keep melalui google chrome atau browser lain, lalu edit dan posting. 
Cepat. Beres.

6. Canva. 
Nah kalo aplikasi ini sudah mulai ngetrend tidak hanya di kalangan blogger, tapi juga online shoppers dan khalayak yang memerlukan desain praktis untuk bisnis nya.
Saya sering menggunakan canva tidak hanya untuk membuat banner blog, tapi juga poster instan atau promo instan untuk usaha saya.
Serunya, canva sudah ada versi aplikasinya selain bisa dibuka web based nya di browser. 

7. Crello. 
Kalau ingin membuat desain seperti punya Canva tetapi ada versi animasi bergeraknya, Crello adalah pilihan yang tepat. Sayangnya untuk saat ini Crello cuma ada versi web based saja. 
Semoga sih pengembangnya berbaik hati membuat versi aplikasi nya.

8. Browser di smartphone. 
Kalau benar-benar malas membuka PC/ laptop, atau lupa membawanya dan harus posting tulisan di blog, kalian bisa memanfaatkan browser di smartphone.
Saya sendiri menggunakan chrome untuk membuka Blogspot dan membuat postingan saat tidak ada laptop di sekitar saya.

9. Aplikasi penghitung kata. 
Saya memanfaatkan aplikasi online untuk menghitung jumlah kata di artikel yang saya tulis sebelum menerbitkannya.
Coba saja ketik di search engine "aplikasi penghitung kata artikel" dan gunakan salah satunya.
Ini saya pakai karena kaidah penulisan yang layak untuk diindeks oleh Mr. Google adalah artikel dengan minimal 300 kata. 

Penampilan penghitung jumlah kata online


Oke, ini saja dulu yang saya bagikan ya, kalau nanti tools nya nambah lagi, akan saya update. Bagaimana dengan kalian? Ada referensi tools lainnya?

Yuuk sharing di comment ya. 



0 Comments:

Post a Comment