Doa dan Harapan Di Penghujung Ramadhan



Alhamdulillah, kita sudah masuk di penghujung bulan Ramadhan, kira-kira doa dan harapan apa yang kalian panjatkan sebagai perpisahan dengan bulan seribu bulan ini? Umumnya kita semua akan berdoa supaya dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan selanjutnya. Mendapat kesempatan lagi untuk menambah bekal akhirat sebanyak-banyaknya dan menikmati hari-hari dimana kita dekat sekali dengan surga-NYA sekali lagi.

Namun bagaimana dengan doa dan pengharapan khusus? 
Contohnya saya, yang memiliki harapan semoga semua amalan dan ibadah saya selama bulan Ramadhan diterima Allah SWT. 
Semoga semua kegiatan saya di bulan Ramadhan ini membawa berkah-NYA ke kehidupan kami sekeluarga.
Karena hanya dengan bekal berkah dari Allah SWT inilah kami sekeluarga bisa menikmati segala nikmat hidup yang datang atas seijin-NYA.

Selain doa perpisahan dengan bulan Ramadhan, kita pun boleh memanjatkan doa pribadi yang berkenaan dengan harapan-harapan personal kita terhadap bulan Ramadhan maupun yang sama sekali tidak berhubungan dg Ramadhan. 

Dan karena salah satu adab melepaskan bulan Ramadhan adalah dengan membacakan doa perpisahan sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para pengikutnya. 
Ada baiknya kita membaca doa tersebut di malam-malam terakhir bulan Ramadhan seperti malam 29 atau malam 30.

" Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadan ini sebagai bulan Ramadan terakhir dalam hidupku. 
Jika Engkau berketetapan yang sebaliknya, maka terimalah segala amal ibadah puasa ku dan jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi serta jangan jadikan aku orang yang Engkau murkai,
Aamiin "

Diluar itu semua, kita pasti punya pengharapan bahwa bulan Ramadhan akan membawa hal-hal berikut ini dalam kehidupan kita :
1. Membawa hidup menjadi lebih sehat.
2. Segala amalan dan ibadah kita di bulan Ramadhan diterima oleh Allah swt. 
3. Mendapat pengampunan dari segala dosa. 
4. Mendapat anugerah malam lailatul qadar.
5. Bagi kaum wanita, meski nyaris tidak mungkin tetapi kami juga ingin bisa berpuasa sebulan penuh. Satu harapan yang bisa dipanjatkan oleh setiap orang juga.

InshaAllah, semoga kita semua dipertemukan dengan Ramadhan selanjutnya ya, dan Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini.

Aamiin. 




0 Comments:

Post a Comment