Menyambut Lebaran Idul Fitri



Alhamdulillah, besok sudah Lebaran ya..
Apa saja yang sudah atau sedang dilakukan untuk menyambut Lebaran besok? 
Karena setelah berpuasa penuh selama sebulan *eh ada yang gak penuh kah puasanya? * Lebaran adalah simbol hari kemenangan, jadi boleh-boleh saja kok jika kita memeriahkannya, asal tetap dengan pertimbangan yang tidak memberatkan kita ya. 

Yuuk lakukan checklist persiapan menyambut Lebaran seperti dibawah ini :

- Kue kering untuk ditata di atas meja. Tidak lupa dong menyiapkan kue kering untuk menjamu kerabat, teman dan tetangga yang datang berkunjung. Oiya, sediakan juga air mineral sebagai teman kue di sisi sudut meja ya. 

- Bersih-bersih rumah. Ganti taplak meja dengan yang sudah dicuci, korden dan kelambu juga. Pasang wewangian di sudut ruang tamu supaya ruangan terasa lebih segar. 

- Siapkan uang THR untuk anak dan ponakan. Sekarang sudah banyak tersedia amplop lucu untuk tempat uang THR yang menarik bagi anak-anak. Karena tradisi menggunakan uang baru untuk THR, sebaiknya pilih lembaga keuangan terpercaya untuk menukar uang kita dengan uang baru. 

- Jangan lupa zakat fitrah untuk keluarga. Zakat fitrah berupa beras 2.5 kg atau uang tunai senilai beras 2.5 kg tersebut dikalikan jumlah anggota keluarga lebih baik disiapkan sebelum Lebaran tiba. Hal ini untuk menghindari lupa karena waktu penyerahan zakat yang maksimal setelah sholat Idul Fitri dilaksanakan. 

- Siapkan baju dan mukena yang akan dipakai untuk Sholat Idul Fitri. Supaya tidak terburu-buru saat berangkat Sholat Idul Fitri, maka siapkan perlengkapan sholat yang akan dipakai pada malam sebelumnya. 

- Makanan untuk hidangan setelah melaksanakan sholat Idul Fitri. Siapkan masakan di malam sebelumnya jadi sebelum sholat tinggal menyajikan saja di meja makan.

Eh, tapi inti dari Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri ini adalah merayakan kemenangan setelah satu bulan berpuasa, ajang untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maaf an. Jadi yang terpenting adalah persiapan hati ya.

Bagaimana kita bisa menikmati berkumpul bersama keluarga, silaturahmi ke kerabat dan tetangga akan menjadi kenangan yang dinantikan di Lebaran berikutnya.
Semoga kita semua dipertemukan dengan Ramadhan dan Syawal tahun depan ya.. Aamiin! 

Dengan ini saya pun ingin mengucapkan :
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H 
Minal aidzin wal faidzin
Mohon maaf lahir dan batin

Selamat berkumpul bersama keluarga dan menikmati liburan ya. 

0 Comments:

Post a Comment