Solusi Gejala Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes



Saya ini termasuk tipe setia dalam berkacamata. Bayangkan saja, dari sejak kelas tiga SD sampai saat sekarang sudah menjadi emak-emak dengan satu anak berumur 7 tahun, saya masih setia berkacamata.

Hehehe... Mungkin bukan setia kali ya, lebih ke terpaksa dan setengah tersiksa. Entah karena faktor berkacamata ini atau bukan, saya jadi gampang merasakan mata lelah, apalagi kalau sudah didepan komputer berjam-jam.

Apalagi pekerjaan saya yang bertahun-tahun mengharuskan berkutat dengan komputer ditambah sekarang saat sudah berhenti bekerja dan memutuskan menjadi full-time business owner, blogger, dan freelancer. Saya menjadi semakin sering bergaul dengan komputer minimal 5 jam sehari. Belum lagi setiap beberapa menit harus cek email, kirim pesan dan menggunakan beberapa aplikasi di gadget andalan saya, si smartphone android. Membuat saya jadi lebih gampang merasakan mata sepet dan mata perih.

Hayoo siapa yang juga sering merasakan mata pegel, mata sepet, mata perih bahkan sampai mata merah karena berjam-jam harus menyelesaikan deadline tulisan atau pekerjaan yang menggunakan komputer dan gadget yang membuat mata lelah?
Tahukah Anda, bahwa salah satu penyebabnya adalah akibat kita seringkali lupa mengedipkan mata, menyebabkan mata kering dari cairan mata yang seharusnya melindungi mata kita. Karena itulah mata jadi terasa perih dan lelah.

Sebenarnya apa sih yang disebut mata kering itu?
Dalam istilah kedokteran, hal ini dikenal dengan nama keratoconjunctivitis sicca. Gejalanya antara lain :
  1. Rasa tidak nyaman yang timbul di area mata (mata pegel)
  2. Mata terasa kering dan gatal
  3. Mata sepet, seperti kemasukan debu atau sesuatu
  4. Mata berwarna kemerahan
  5. Penglihatan menjadi sedikit kabur atau berkabut.
  6. Bahkan tidak jarang ada yang merasakan mata perih dan berair lebih banyak seperti menangis.

Karena mata kering ini terjadi ketika mata kita tidak menghasilkan air mata seperti yang seharusnya, maka jika air mata tidak bisa melumasi mata dengan baik, gejala seperti di atas akan kita rasakan.

sumber : https://instodryeyeducation.com/


Jadi untuk mengembalikan kemampuan lubrikasi mata, bisa dengan cara menggunakan obat tetes mata. Yang menjadi andalan saya saat ini adalah Insto Dry eyes, dengan kemampuan memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata.

insto dry eye - mengatasi gejala mata kering

Insto Dry eyes ini mengandung : Hidroksi propil metil selulosa 3.0 mg; Benzalkonium klorida 0.1 mg dalam setiap botol kemasan 7.5 ml.
Dengan dosis 1-2 tetes pada setiap mata 3 kali sehari, Insto Dry eyes ini bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman akibat mata kering.
Tetapi ingat ya, hentikan pemakaian jika sudah merasa membaik. Karena di kemasan pun dicantumkan bahwa kandungan Benzalkonium nya, bisa menyebabkan kerusakan selaput mata untuk penggunaan jangka panjang. Dan jangan digunakan lagi jika obat belum habis setelah dibuka selama 1 bulan.
Selalu biasakan untuk membaca detail pemakaian pada kemasan ya.



Selain menyediakan obat tetes mata ini, hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari gejala mata kering adalah :

  1. Usahakan untuk sering mengedipkan mata dan ijinkan mata beristirahat sesering mungkin saat di depan komputer atau gadget. Sebaiknya istirahatkan mata setiap 20-30 menit.
  2. Memilih kacamata dengan lensa anti-radiasi yang sudah banyak tersedia di optik-optik. Saya sendiri mengganti kacamata saya dengan lensa anti radiasi yang saya gunakan saat bekerja di depan layar komputer.
  3. Cukup minum air dan penuhi asupan gizi. Makanan yang mengandung vitamin A dan omega-3 bagus untuk kesehatan mata.
  4. Hindari menggosok mata dengan keras saat gejala terjadi, karena  justru bisa memperburuk gejala mata kering.

Nah, jadi jika Anda merasakan beberapa gejala seperti Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, dan Mata Lelah saat beraktivitas, bisa jadi itu adalah gejala Mata Kering. Jangan dibiarkan dan jangan disepelekan ya, karena hal ini bisa menyebabkan penyakit mata yang lebih serius. Selalu sediakan obat tetes mata dan lakukan beberapa hal yang sudah disebutkan diatas untuk menghindari gejala mata kering.

Bebas beraktivitas dan katakan Bye Mata Kering!



2 comments:

  1. wuaaah
    tapi memang pake kacamata itu melelahkan loh
    aku gak tega gitu kalau ngeliat teman mengusap-usap mata setelah melepas kacamata. kelihatan lelah banget matanya

    ReplyDelete
  2. bener mba,, mau operasi lasik pun tak sanggup liat nominalnya hehe, yaa jadinya harus gak lupa buat sering2 istirahatkan mata biar gak kelelahan

    ReplyDelete