Go-Digital Di Jaman Milenial



Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai Manfaat Tren Milenial Bagi Bisnis kita.
Untuk membuat bisnis kita masuk ke dunia digital, ada beberapa alat yang bisa dipakai, seperti :

1. GOOGLE MY BUSINESS (GMB)

Google memiliki platform dimana kita bisa mendaftarkan bisnis kita untuk ditampilkan di peta google (google map) melalui fitur Google Bisnisku (GMB).
Kenapa saya menempatkan alat ini ke daftar nomor satu? Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini google menempati posisi utama dalam hal mesin pencarian dan penggunaan fitur peta lokasi. 

Dengan mendaftarkan usaha kita ke peta google, kita juga mendapat kesempatan untuk tampil di halaman pertama pada bagian google listing berdasarkan keyword yang relevan dengan bisnis kita.
Saat ini semua fitur GMB masih gratis. Jadi menarik kan? Manfaatkan alat ini untuk membuat bisnis kita semakin dikenal. 

Syaratnya mudah, bisnis kita sudah memiliki alamat jelas dan mempunyai plang nama bisnis didepan tempat usaha. 

Untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar dan fitur-fitur apa saja yang ada di Google My Business, bisa cek langsung di website nya disini. 


2. WEBSITE

Jika di Google My Business juga disediakan website gratis oleh google, cara lainnya adalah dengan membuat website menggunakan platform gratis lainnya. Platform apa saja yang bisa dipakai untuk membuat website dengan mudah bisa disimak di artikel saya lainnya disini :
Membuat Website Itu Mudah. 

Website adalah media yang tak akan lekang oleh waktu, tren dan jaman. Jika media sosial bisa berubah trennya, seperti Path yang harus ditutup layanannya beberapa waktu lalu atau google plus yang bertahap akan dihapuskan layanannya dari tahun ini. Maka website adalah pilihan tepat sebagai etalase bisnis Anda di dunia maya. 

Website juga lebih fleksibel dalam pengaturannya, mau portfolio perusahaan? Mau website rasa online shop? Atau membuat riwayat hidup yang menarik? Semua bisa dilakukan dari sebuah website. 


3. MARKETPLACE

Fitur digital lainnya adalah marketplace. Sekarang sudah banyak bertaburan marketplace baru yang menawarkan banyak pilihan dalam mengiklankan produk didalamnya.
Semakin banyak marketplace yang kita ikuti untuk menempatkan produk ataupun jasa kita, semakin besar kemungkinan kita mendapatkan konsumen.
Ibaratnya, marketplace ini adalah cabang dari bisnis kita.
Pelajari dengan seksama setiap marketplace yang akan kita pakai dan lengkapi persyaratannya. Dengan mempelajari skema harga dari masing-masing marketplace maka kita bisa memperkirakan berapa harga jual untuk setiap produk dan jasa kita. 


4. MEDIA SOSIAL

Menggunakan media sosial untuk bisnis bisa dilakukan tetapi harus diingat bahwa kita harus pisahkan media sosial bisnis dengan media sosial pribadi supaya lebih bisa menjangkau banyak calon konsumen dan tampak profesional. 

Facebook fanpage : gunakan fanpage bukan facebook profile supaya tidak ada batasan untuk jumlah pengikut bisnis Anda. Fitur fanpage juga lebih mengakomodir kebutuhan bisnis kita. 

Instagram : sudah menjadi rahasia umum kalau Instagram menjadi trend untuk saat ini. Banyak akun online shop lama maupun baru yang berpindah menggunakan Instagram untuk bisnis mereka. Bahkan memiliki Instagram secara tidak langsung menjadi syarat bagi setiap perusahaan yang ingin mendapatkan perluasan pasar bagi bisnisnya. 

Twitter : meski tidak banyak yang menggunakan platform media sosial ini, tetapi twitter bisa dipakai sebagai alat kontak dengan konsumen atau iklan mini dari usaha kita.

WhatsApp for Business : untuk keperluan bisnis, disarankan memakai WhatsApp for Business karena memiliki fitur lebih banyak daripada WhatsApp biasa. 


APLIKASI DIGITAL
 
Setelah membuat bisnis dikenal di dunia maya, Anda bisa memakai aplikasi digital di smartphone untuk membantu bisnis tampil menarik secara digital.
Beberapa diantaranya adalah :

- Canva : bisa dimanfaatkan untuk membuat poster dan banner promosi secara instan untuk kemudian dipajang di website maupun sosial media. Selain aplikasi di hp smartphone, canva juga memiliki website yang berfungsi sama. Cek aplikasinya disini

- Aplikasi akuntansi/ keuangan : untuk mengatur dan mencatat keuangan secara online, sekarang banyak aplikasi yang bisa dipakai di smartphone Anda. Misal aplikasi jurnal, money lover (saya memakai ini saat ini), catatan keuangan harian, dll. 

- Google calendar : membuat janji penting? Perlu pengingat menagih pelunasan piutang? Pakai saja google calendar yang bisa diakses dari hp smartphone maupun komputer (PC desktop & laptop).

- Aplikasi Note : perlu membuat catatan penting saat bertemu klien tetapi takut lupa menyimpannya? Instal aplikasi note yang bisa diakses dari smartphone dan komputer seperti google keep, evernote, OneNote, dll. Anda pun bisa membagikan catatatn yang sudah dibuat dengan rekan kerja atau anggota tim bisnis Anda. 

- Aplikasi ojek online : gunakan aplikasi ini untuk membantu proses pengiriman produk dalam kota. Jika menggunakan pengiriman luar kota, Anda bisa masuk ke website cekongkir.com untuk membantu konsumen mengetahui proses pengiriman barang. 

- Aplikasi spreadsheet online : jika memerlukan excel untuk membuat hitungan cepat yang harus dikirim saat ini juga tetapi tidak membawa laptop, manfaatkan aplikasi soreadsheet seperti Google Spreadsheet (bisa diakses dari smartphone dan komputer), atau WPS office di smartphone. 

- Aplikasi penyimpanan cloud : berbagi file besar ataupun menyimpan pekerjaan yang belum selesai untuk bisa diakses dimanapun menggunakan beragam gadget, bisa dilakukan dengan aplikasi Google Drive, Dropbox, atau One Drive dari microsoft. 

Sekarang, sudah siap Go-Digital? Jika ada platform dan aplikasi lain yang perlu ditambahkan, silahkan masukkan di kolom komentar ya. 





5 comments:

  1. Bener banget ya, zaman sekarang semua serba digital, saking digitalnya, rasanya ponsel udah jadi barang yang sangat penting, melebihi lainnya.

    Kadang juga bikin waktu jadi semakin sedikit karenanya.

    Harus pandai-pandai mengendalikan agar go dogital tidak membuat kita hidup di alam digital itu secara langsung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, ketinggalan hp bisa bikin kepikiran sepanjang hari hehe, jadi mending dimanfaatin buat hal yang berguna misal di promosiin usaha kita hehe

      Delete
  2. sebagai makhluk yang masih diberi umur sudah selayaknya kita belajar untuk menggali potensi dan enggak salah melalui teknologi CMIWW

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba, memanfaatkan teknologi untuk yang positif boleh banget dilakukan

      Delete
  3. Artikel ini sungguh menarik, untuk para pencinta sepakbola bisa Gabung Disini untuk dapat update serta informasi terbaru mengenai Sepakbola >_<

    ReplyDelete