Peran Website Dalam Bisnis Online




Setelah belajar mengenai mudahnya membuat website dalam artikel saya sebelumnya disini dan mengetahui manfaat toko online untuk usaha/ bisnis kita di artikel yang ini, maka kali ini saya mau membahas mengenai peran website dalam bisnis online.

Apa bedanya website dengan toko online?

Banyak yang mengira bahwa website itu berbeda dengan toko online. Padahal Toko Online dibuat dengan menggunakan platform dasar website. Yang membedakan adalah, Toko Online berisikan fitur yang lebih detail untuk jual-beli produk-produk atau jasa kita. Contohnya seperti fitur keranjang belanja serta checkout untuk pilihan pembayaran.

Sementara website biasa memiliki fitur yang lebih umum sebagai sarana informasi berupa kata-kata dalam artikel yang menceritakan bisnis atau usaha kita. Website juga bisa berisikan kumpulan project yang sudah pernah kita kerjakan sehingga membentuk company profile atau portofolio usaha.

Apapun bentuk website, fungsinya tetap sama. Yaitu sebagai sarana informasi online bagi segala sesuatu yang bersifat offline.

Sekarang di era digital ini, tren menggunakan internet sebagai salah satu channel promosi atau marketing sudah sangat meluas. Semua orang yang memiliki usaha maupun bisnis konvensional mulai merambah dunia online. Belum lagi bermunculan bisnis online yang sebelumnya dilirik sebelah mata karena dianggap tidak menjanjikan dan memiliki nilai ekonomi yang tidak signifikan.

Karena itu, website semakin dibutuhkan sebagai salah satu fungsi promosi dan etalase usaha di dunia digital.

Lalu apa peran website hanya sebagai sarana pemberi informasi bahwa ada bisnis ANU yang berlokasi di ANU dan bisa melayani konsumen di seluruh wilayah negeri?

Jawab saya : Tentu TIDAK !

Sebelum saya berikan alasan kenapa saya memberikan jawaban tersebut, ada baiknya kita mengetahui bahwa BISNIS ONLINE sendiri ada dua macam:

  • PERTAMA, bisnis yang memiliki produk fisik atau jasa yang bisa dirasakan dan umum ditemui sebagai bisnis konvensional (offline). Contohnya seperti beragam produk yang dijual di pasar, atau jasa konvensional seperti pertukangan, kontraktor, dokter, dan masih banyak lagi.

  • KEDUA, bisnis yang tidak memiliki produk fisik. Seperti misalnya jasa SEO, jasa pembuatan website, jual-beli e-book, produk digital software atau aplikasi, affiliate marketer, freelancer design atau system engineer, dan lainnya.

Kedua bentuk bisnis online ini memerlukan website sebagai etalase "toko" atau "kantor" dari bisnisnya.

Pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah bagaimana dengan sosial media yang menjadi tempat "jualan" dan "promosi" produk/ jasa kita? Bukannya selama ini terlihat ramai jual-beli di sosial media? Apa tidak cukup menggunakan sosial media sebagai etalase bisnis online kita?

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, secara garis besar peran website bagi bisnis online dapat dijelaskan seperti berikut :


1. Website Berperan Sebagai Etalase Online Tempat Berjualan/ Promosi Bisnis.

Artinya, website berfungsi sebagai kaplingan toko atau kantor dalam pasar online. Di dalamnya, kita bebas berpromosi untuk menarik pengunjung supaya membeli produk dan jasa kita, maupun sekedar mampir ke etalase bisnis kita untuk mengetahui apa produk yang ditawarkan.

Dan apa pun jenis bisnis yang kita lakukan, sebuah website adalah tempat yang tepat untuk memperlihatkan produk/jasa kita.

Dengan membuat website menjadi katalog produk/ jasa maupun portfolio, kita dapat memperlihatkan apa yang unik dari bisnis kita. Disertai promosi online yang gencar, bukan tidak mungkin jika tingkat konversi dari pengunjung website yang sekedar mampir menjadi pembeli produk/jasa kita akan meningkat.

Ilustrasi website sebagai etalase bisnis



2. Website Menambah Kredibilitas Bisnis Kita.

Di dunia online dimana interaksi jual-beli terjadi tanpa bertatap muka, seringkali timbul kekhawatiran konsumen terhadap kejujuran dan kualitas produk/ jasa dari si pemilik bisnis online. Dengan memiliki website tingkat kepercayaan akan lebih besar pada bisnis kita.

Cara untuk menambah tingkat profesionalisme dan kredibilitas website adalah dengan menggunakan domain berbayar. Domain adalah nama dari website kita fungsinya seperti plang nama toko atau alamat kantor.

Domain gratisan memang bisa digunakan sebagai sarana promosi, tetapi jika dijadikan sebagai website utama, akan mempengaruhi kepercayaan konsumen. Untuk website utama lebih baik menggunakan domain .com .net .id .org atau domain berbayar lainnya.

Secara psikologis, konsumen akan lebih percaya pada nama website yang mudah diingat, mencerminkan jenis atau nama usaha, serta tidak menggunakan tambahan subdomain (seperti yang terjadi jika menggunakan platform website gratis).

Fitur website berbayar pun jauh lebih banyak sehingga kita bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan bisnis ke konsumen.

Harga domain tidak mahal, bisa mulai dari seratus ribuan saja. Sebelum memutuskan membeli domain, kita bisa memeriksa terlebih dahulu apakah domain yang kita inginkan masih tersedia dan berapa harganya. Untuk cek dan beli domain sudah tersedia fiturnya di banyak website penyedia domain dan hosting, seperti juga tersedia di website Qwords ini.

Selain domain, kita juga harus memiliki hosting sebagai kapling untuk menempatkan toko atau etalase bisnis kita. Disarankan untuk memilih Hosting Indonesia daripada menggunakan hosting dari luar negeri. Karena selain lebih murah, server Hosting Indonesia memiliki tingkat kecepatan yang cukup baik dan yang terpenting komunikasi dengan penyedia hosting lebih mudah seandainya ada kendala dalam tata kelolanya. Salah satunya bisa dengan cek ke website Qwords untuk mengetahui paket hosting yang tersedia.


Analogi hubungan antara website, hosting, domain dan internet

3. Menghemat Biaya Operasional

Membuat website biayanya lebih murah daripada membuat toko atau kantor konvensional. Mulai harga sejutaan sampai dengan tak terhingga sesuai dengan keragaman dan kompleksitas fitur website yang dipakai.

Tidak perlu memikirkan biaya listrik dan air bulanan maupun sewa gedung. Bahkan jika website kita kelola sendiri, kita bisa memangkas biaya pegawai.


4. Tidak Ada Batasan Waktu dan Ruang

Setiap saat pengunjung dunia internet dapat mengakses website kita. Coba saja bayangkan jika website kita juga berfungsi sebagai katalog atau brosur online. Daripada susah payah menyebarkan brosur di rumah-rumah atau di jalan-jalan, lebih baik memiliki website yang bisa diakses 24 jam kan?
Bebas biaya print dan bisa setiap saat update dengan informasi layanan terkini dari bisnis kita.

Konsumen dari semua daerah baik itu yang bertempat tinggal di belakang rumah kita maupun di seberang pulau pun bisa kita jangkau. Menariknya, semua produk dan jasa bisa kita online-kan loh. Lihat saja jika saat sedang surfing di sebuah website, atau media sosial tiba-tiba ada iklan jual property atau mobil dari kota di seberang pulau yang muncul. Contoh lainnya adalah seorang kontraktor bangunan yang menerima order proyek dari seluruh Indonesia melalui website yang dia buat.

Karena saat ini hampir semua masyarakat Indonesia melek internet dan memiliki ponsel yang mudah mengakses internet, maka website menjadi sangat penting perannya dalam menginformasikan bisnis kita secara online.

5. Website vs Media Sosial

Nah, sekarang untuk pertanyaan kenapa harus memiliki website dan tidak cukup hanya menggunakan media sosial. Jawaban dari pertanyaan ini lebih kepada fungsi dan fitur dari masing-masing platfrom itu


  • PERTAMA, Umur website lebih panjang dari media sosial. Jika kita ingat, ada berapa media sosial yang perlahan-lahan menghilang, bahkan harus ditutup karena perubahan jaman dan tren? Mulai dari Multiply, Friendster, Path, Google Plus. Bahkan tren juga mempengaruhi performa media sosial dalam "menjajakan" bisnis online kita. Seperti facebook yang dulu sempat menjadi media sosial paling ramai dan berpotensi besar untuk menawarkan produk/jasa, sementara saat ini Instagram menjadi platform andalan banyak bisnis online untuk menjangkau pelanggannya secara personal.

    Bagaimana dengan website? Selama kita tetap membayar biaya domain dan hosting dan gencar berpromosi online, website kita akan tetap aktif.

  • KEDUA, dengan website kita bebas berkreasi terhadap tema, tampilan, fitur apa yang akan kita tampilkan. sehingga kita memiliki kontrol penuh terhadap isi konten kita. Kita juga bisa menerakan SEO terhadap website supaya gampang dicari di mesn pencari.

  • KETIGA, media sosial berfungsi sebagai jalur distribusi informasi. Sedangkan informasi utamanya ada di website. Media sosial diperlukan untuk memberikan sentuhan "manusia" kepada bisnis online kita. Tetapi website menjadi etalase utama bisnis online kita.


Setelah mengetahui peran penting website terhadap bisnis online, maka Anda sudah tidak ragu lagi kan untuk mulai merancang membuat website untuk bisnis Anda?

Jangan kuatir mengenai biaya pembuatan dan sewa bulanan/ tahunan. Karena sekarang di setiap penyedia layanan pembuatan website, domain dan hosting terdapat range biaya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website seperti apa yang kita inginkan.















1 comment:

  1. Artikel ini sungguh menarik, untuk para pencinta sepakbola bisa Gabung Disini untuk dapat update serta informasi terbaru mengenai Sepakbola >_<

    ReplyDelete