Program Google Untuk UKM Indonesia




Tahukah Anda, bahwa perusahaan Raksasa Google sudah merambah dunia UKM juga? Terutama di negara-negara berkembang yang menjadi sasaran produknya.
Beberapa produk Google dikembangkan untuk membantu bisnis kecil dan UKM untuk lebih siap digital lagi di jaman serba digital saat ini.

Selain itu, Google juga membentuk suatu program melek digital bernama Gapura Digital dan satu lagi yang menyasar khusus kaum wanita yang memiliki usaha sendiri bernama WomenWill agar pelaku usaha bisa lebih melek digital.

Nah, untuk para wirausahawan dan usahawati yang masih belum ngeh kalau produk Google bisa kita gunakan untuk meningkatkan usaha kita, yuuk simak penjelasannya di bawah ini ya :

1. Gmail

Saat ini semua orang memiliki smartphone. Dengan mengabaikan para orangtua atau penduduk usia lanjut di pedesaan yang memang tidak terbiasa menggunakan internet sehingga mereka tentu saja tidak memiliki smartphone.
Maka bisa dipastikan hampir semua orang memiliki smartphone yang bisa mengakses internet.

Android sebagai platform OS smartphone terbesar didunia menggunakan Gmail sebagai syarat untuk mengoperasikan smartphone berbasis android ini. Maka bisa dipastikan banyak pengguna Gmail di dunia. Adalah pilihan yang tepat untuk memakai Gmail sebagai email bisnis/ usaha kita.

Mulai menggunakan email dalam usaha kita, memiliki keuntungan antara lain :
  • Berkirim surat kepada konsumen, calon konsumen, maupun supplier produk kita dengan murah, cepat, dan efektif.
  • Mengirim dokumen berbentuk soft file (contoh: gambar, proposal bisnis, surat penawaran, dll) dengan cepat.
  • Media promosi dengan mengirimkan email marketing yang terjadwal (fitur penjadwalan email ini sudah ada di gmail).
  • Terlihat profesional. Gunakan namabisnis@gmail.com dalam pengaturan email Anda.


2. GMB (Google My Business)

Setelah mempunyai email di Gmail, selanjutnya bisa mencicipi fitur Google Bisnisku (GMB) ini untuk membuat bisnis/ usaha kita terdaftar di google map dan listing lokal di google search.

Membuatnya tidak sulit, tinggal daftar menggunakan alamat email google (Gmail) dan ikuti panduan yang ada. Keuntungan GMB ini adalah :
  • Usaha kita akan muncul di Google Map, sehingga ketika orang mencari suatu jenis usaha/jasa, kemungkinan usaha kita akan ditampilkan di Map dan listing usaha lokal di hasil pencarian google search. Kemungkinan usaha kita ditemukan oleh calon konsumen akan semakin besar
  • Fitur ini gratis, jadi manfaatkan untuk menambah eksistensi usaha.
  • Menimbulkan kepercayaan calon konsumen, melalui posting foto tempat usaha dan produk bisnis. Serta melalui ulasan/ review dari pelanggan yang sudah pernah memakai jasa/ produk usaha kita.
  • GMB yang terbaru memiliki fitur posting promosi, atau event, atau sekedar perkenalan produk/jasa baru dari usaha kita. Ini akan membantu calon pelanggan mengetahui update dari bisnis kita.
  • Memiliki fitur website gratis, yang bisa kita gunakan untuk membuat usaha kita tampak profesional.
  • Meskipun penggunaan hastag belum memberikan kontribusi secara nyata untuk setiap postingan di GMB ini, tetapi sering update post mingguan secara rutin bisa membuat usaha kita tampil lebih terpercaya karena terlihat adanya aktivitas terkini.

Pelajari lebih lanjut di link ini ya.



3. Blogger

Sejak dulu, blogger merupakan platform google yang dimanfaatkan untuk membuat tulisan mengenai apapun oleh para penyuka dunia tulis-menulis.
Tetapi blogger juga bisa dimanfaatkan untuk membuat website bisnis secara gratisan.

Banyak template tema bisnis yang bisa dipakai untuk mempromosikan usaha kita melalui website blogspot ini. Dan tidak perlu skill khusus untuk membuat website di platform google yang satu ini loh.

Mau langsung coba? Silahkan menuju web blogger disini.


4. Google analytic & Google search console

Kedua produk Google ini digunakan untuk melihat performa website kita. Dari sini kita bisa mengetahui apakah website kita banyak dicari orang, atau sepi dari kunjungan.

Semakin banyak orang mengunjungi website kita, semakin besar peluang usaha kita dikenali dan akan mempertinggi kemungkinan penjualan produk/jasa kita.

Coba pelajari lebih lanjut di link ini untuk goodle analytics dan di sini untuk google search console.



5. Google Trends

Gunakan google trends untuk mengetahui pangsa pasar produk/ jasa kita. Atau mengetahui trend seperti apa yang berpengaruh terhadap keputusan kreasi produk/ jasa usaha kita.
Langsung masuk ke link ini untuk mencoba Google Trends. 



6. Youtube

Menggunakan promosi berupa video akan menarik minat konsumen. Buat video tutorial, atau penggunaan produk, atau kegiatan jasa kita, dan buat link video ke dalam website atau media sosial kita.

7. Google Calendar

Manfaat menggunakan google calendar antara lain :
  • Membuat aktivitas terjadwal anti lupa karena ada fasilitas reminder.
  • Kalender Google ini bisa kita buka di komputer maupun smartphone android. Sehingga lebih memudahkan sinkronisasi nya.
  • Bisa mengundang lebih dari 1 orang untuk mengikuti event atau jadwal yang kita buat. (notifikasi dikirimkan melalui email Gmail).

tampilan google calendar

8. Google sheet, Google docs, Google slide

Untuk bisnis/ usaha yang memerlukan file office, Google juga memiliki produknya. Kelebihannya, selain bisa dibuat publik (dilihat oleh selain kita), file nya bisa kita buka dari gadget manapun, sehingga lebih mudah untuk mengedit-nya.

Yuuk, langsung coba produk sheets, docs, dan slide dari Google disini.

9. Google shopping (Google Belanja)

Fitur terbaru dari google adalah Google Shopping yang berisi daftar produk-produk di marketplace ataupun website yang ditampilkan berdasarkan kata pencarian. Karena berbentuk gambar dan harga langsung ditampilkan, maka pembeli jadi lebih mudah memilih mana produk yang sesuai kebutuhannya.

tampilan google shopping

10. Google Ads

Jika usaha Anda sudah berjalan lama, tidak ada salahnya menggunakan fitur iklan berbayar di Google. Selain memberikan lebih banyak tampilan di dunia maya, Google Ads akan membantu usaha Anda berada di halaman pertama dalam bentuk iklan baris (berupa kata).

Dengan mempelajari cara pemasangan iklan yang tepat, bukan tidak mungkin loh bisnis Anda akan naik 2-3x lipat di bulan berikutnya. Jika masih awam dengan cara pasang iklan di Google dengan tepat, sekarang banyak jasa pasang iklan Google Ads yang bisa dipakai.

* * *

Itu tadi 10 produk Google yang bisa dimanfaatkan untuk membuat bisnis/ usaha kita semakin berkembang secar digital. Tetapi penggunaan fitur digital juga harus dilengkapi dengan softskill offline yaitu kemampuan service excellent terhadap pelanggan dan manajemen internal dari usaha kita.






1 comment:

  1. Artikel ini sungguh menarik, untuk para pencinta sepakbola bisa Gabung Disini untuk dapat update serta informasi terbaru mengenai Sepakbola >_<

    ReplyDelete