Zakat Infaq Dan Sodaqoh Di Bulan Ramadhan




"Jangan lupa perbanyak sedekah di bulan Ramadhan, buat tabungan pahala dan marketing langit bagi kita-kita wirausahawan yang gajiannya bergantung cuma ke satu titik, Allah". Begitu teman saya berpesan di malam sebelum memasuki bulan Ramadhan tahun ini.

Dan sebagaimana tercantum dalam hadist berikut :

“Sebaik-baiknya sedekah yaitu sedekah di bulan Ramadhan.” (HR Al-Baihaqi, Al Khatib dan At-Turmudzi)

Maka jelaslah dianjurkan bahwa kita sebaiknya memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan ini. Jika sebelumnya sudah sering bersedekah, maka di bulan Ramadhan jadilah lebih dermawan.

Karena sedekah adalah bentuk memberi yang tidak selalu berupa harta, maka setiap orang baik yang memiliki harta berlebih maupun yang dalam kekurangan harta pun bisa melakukannya.
Salah satu bentuk sedekah paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membuka pintu maaf kepada setiap yang pernah menyakiti dan berbuat dzalim kepada kita. Hal lainnya adalah perbanyak menolong orang yang membutuhkan.

Bentuk sedekah lainnya adalah dengan ber-infaq, yaitu sedekah berupa harta. Seperti yang biasa kita lakukan dengan memberi makanan dan minuman berbuka puasa bagi siapapun yang tengah berpuasa.

“Barangsiapa yang memberi ifthar kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah).

Sekarang sudah banyak yang memberi iftar gratis disetiap jam mendekati berbuka puasa, mulai dari menyetor ke masjid-masjid seperti yang biasa dilakukan oleh salah satu teman saya yang berprofesi sebagai pembuat kue. Atau iftar gratis yang dibagikan di jalan-jalan oleh kaum muda mudi setempat.

Gara-gara adanya iftar gratis ini, salah satu kakak saya pun menjadi gemar mengajak anak-anaknya berjalan-jalan "ngabuburit" karena sebelumnya sempat mendapat kejutan iftar gratis yang katanya dibagikan saat mereka melewati jalan tersebut.

Kebiasaan Malam Selikuran, tradisi Islam-Jawa dalam menyambut 'lailatul qadar' juga bisa menjadi sarana ber-infaq dengan menyiapkan nasi kotak untuk dibagi-bagikan ke tetangga atau orang-orang yang berpuasa. Doa didapat, pahala pun bertambah. InshaAllah.

Bagaimana dengan Zakat?

Selain Zakat Fitrah yang hukumnya WAJIB dikeluarkan sebelum lewat dari 1 Syawal, membayar Zakat Maal atau zakat harta yang tidak ada batasan waktu juga bisa dilakukan di bulan Ramadhan untuk menunaikan kewajiban sekaligus mendapat pahala berlipat ganda.

Jika Zakat fitrah perhitungannya adalah 2.5 kg, maka perhitungan zakat maal adalah 2.5% dari penghasilan bersih setelah dikurangi kebutuhan kita.




2 comments:

  1. Pas dulu saya KKN, di lokasi KKN saya ada kebiasaan tiap warganya ikutan giliran membuat hidangan iftar di Masjid setempat. Jadi pas buka puasa warga-warga pada kumpul di masjid mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus sekali ya, betul biasanya kalau di daerah, hiadangan iftar di masjid suka dibuat bergiliran oleh wargasekitar masjid. Indahnya berbagi :)

      Delete