MEMULAI USAHA TANPA MODAL

Keinginan mempunyai usaha sendiri sebenarnya sudah ada di benak saya sejak bertahun-tahun yang lalu saat saya masih berkutat dengan pekerjaan kantoran. Setiap acara TV yang saya tonton selalu saya pilih yang berisi kreativitas untuk memulai usaha. Dari “Bosan menjadi Pegawai” lah, acara-acara inspiratif mengenai ukm dengan beragam produk dan jasanya, bahkan saya pun suka membeli majalah dan tabloid mengenai peluang usaha dan sejenisnya.

Dari sekian banyak informasi mengenai memulai usaha sendiri, satu hal yang selalu ada adalah tawaran maupun konsep untuk memulai usaha tanpa modal.
Hmmm… asik ya? Ya iya lah, asik banget kalo bisa punya usaha tanpa modal. Saya juga mau kok. Hehehe.

Tapi sayangnya, memulai usaha tanpa modal itu hanya MIMPI.

Iya, bener kok, HANYA MIMPI.

Lah, terus judul itu salah dong?

Enggak juga.

Pemilihan judul yang menarik itu penting untuk membuat orang berminat membaca artikel maupun mengikuti workshop yang diadakan. Walaupun ujung-unjungnya tetap saja memerlukan modal untuk mewujudkan usaha yang kita impikan.

Kalau saya lebih suka menyebutnya memulai usaha dengan modal terbatas. Terbatas dalam hal keuangan, yang bisa disiasati dengan keahlian yang kita miliki. Karena sebenarnya, modal itu tidak hanya berupa UANG saja, tetapi juga berupa keahlian atau kreatifitas yang kita punya pun bisa disebut MODAL.

Nah berikut beberapa tips saya untuk memulai usaha dengan modal terbatas :

1. UANG TERBATAS


Jika kita memiliki uang yang terbatas, maka diperlukan cara untuk menyiasati nya, antara lain kita harus bisa memilih, MENABUNG dengan DEADLINE tertentu supaya terkumpul modal sejumlah yang seharusnya ada, atau menyesuaikan jenis usaha dengan berapa banyak modal yang kita punya.

Jadi jangan memaksakan memilih jenis usaha yang tidak sesuai dengan jumlah keuangan kita, kecuali kita memiliki target untuk mengumpulkan uang (menabung) sampai sesuai dengan yang dibutuhkan.

Yang perlu diingat adalah :
  • Selalu hitung terlebih dahulu berapa modal unag yang diperlukan jika kita memilih satu jenis usaha yang akan kita mulai.
  • Selalu terapkan DEADLINE (misal 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dst) dalam menabung untuk modal awal usaha, sehingga jelas kapan target usaha akan dimulai dan memudahkan berapa tabungan yang harus dikumpulkan per bulannya.
Lantas apa saja usaha dengan modal terbatas yang bisa kita pilih? Yang pertama, lihat minat kita dimana, kalau kita adalah ibu rumah tangga yang memiliki minat di bidang kuliner, maka membuat makanan atau pun kue rumahan dengan model pembuatan by order bisa menjadi ide bagus.

Atau memiliki tetangga yang memproduksi sandal sendiri? Ajak kerjasama dengan menjadi pemasar nya, poles pengemasannya, promosikan secara online, dan mendapat persentase keuntungan dari setiap penjualannya.


2. KEAHLIAN

Jika tabungan kita terbatas tetapi kita memiliki keahlian tertentu yang bisa menghasilkan uang, maka pilihlah usaha yang memakai keahlian kita itu.

Misal jasa penulisan skripsi, kalau belum meiliki komputer sendiri, bisa memanfaatkan WARNET dan mode penyimpanan cloud ataupun flashdisk.

Ada banyak pilihan jasa yang bisa kita pakai sebagai langkah awal memulai usaha. Seperti seorang teman yang sekarang mempunyai rumah pijat sendiri dengan beberapa karyawan, setelah sebelumnya beberapa tahun menjadi tukang pijat keliling.

Setelah memilih usaha apa yang akan kita rintis, jangan lupa untuk perbanyak ilmu wirausahanya. Saya memulai usaha saya dengan setengah nekat, karena modal yang saya miliki hanya separuh dari seharusnya. Tetapi setelahnya, saya harus bekerja lebih keras lagi untuk menambal setengah kekurangan modal dan membuat kerangka kerja dari usaha saya.

Untuk itu, saya pun mencari kursus dan pelatihan untuk menambah ilmu saya di bidang kewirausahaan. Karena NEKAT boleh, tapi tetap PAKAI PERHITUNGAN ya,, kalau nekat tanpa perhitungan, yang ada nanti terjun bebas ke jurang kegagalan sebelum berjuang maksimal.

Yang pasti sih, kenali MINAT kita dulu ya sebelum memulai usaha. Karena menjalahi usaha akan mengalami periode naik-turun. Hanya kecintaan maupun minat yang kuat terhadap usaha kita yang bisa membuat kita bertahan.


2 comments:

  1. bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya
    jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Artikel ini sungguh menarik, untuk para pencinta sepakbola bisa Gabung Disini untuk dapat update serta informasi terbaru mengenai Sepakbola >_<

    ReplyDelete